Blog

Kalori Kunci Menjaga Berat Badan Sehat

Berat badan akan semakin bertambah apabila anda mengkonsumsi kalori yang lebih banyak dibandingkan dengan kalori yang dibakar oleh tubuh. Kalori adalah takaran energi pada makanan. Kunci berat badan sehat adalah mengetahui seberapa banyak kandungan kalori pada makanan yang kita konsumsi. Sehingga bisa disesuaikan dengan jumlah energi yang dibakar oleh badan kita.


Kalori kunci menjaga berat badan sehat -, Selamat datang, kami dari pihak Alfian Herbal (Agen Resmi Pusat Penjual Obat Herbal Online di Tasikmalaya) pada kesempatan kali ini akan menyampaikan berbagai informasi menarik seputar “kalori kunci menjaga berat badan sehat”. Artikel kesehatan ini sangat dibutuhkan oleh setiap orang yang ingin menjaga berat badannya khususnya wanita. Untuk itu, simak sampai tuntas ulasan berikut!

kalori kunci menjaga berat badan sehatMenghitung Kalori

Dikutip dari alodokter -, Karbohidrat, protein, dan lemak adalah jenis nutrisi mengandung kalori yang berperan sebagai bahan bakar tubuh. Tiap gram lemak rata-rata mengandung 9 kalori, sementara karbohidrat dan protein rata-rata mengandung 5  kalori. Sementara kalori dalam makanan kemasan biasanya dapat dilihat dari label nutrisi di bagian belakang. Data ini berguna untuk memastikan bahwa Anda tidak mengonsumsi kalori berlebihan. Satuan yang digunakan umumnya adalah kcal atau kJ yang merupakan singkatan dari kilojoules. 

Bahan Bakar Tubuh

Tubuh membutuhkan energi dari kalori dalam makanan untuk dapat beraktivitas. Umumnya rata-rata wanita membutuhkan sekitar 2.000 kilo calori (kcal) per hari, sementara rata-rata pria memerlukan 2.500 kcal. Namun jumlah kalori yang dibutuhkan tiap orang berbeda-beda tergantung kepada tinggi, berat tubuh dan tingkat keaktivan mereka. 

Banyak faktor yang dapat memengaruhi jumlah kalori yang dibakar tubuh saat beraktivitas fisik. Di antaranya adalah usia dan jenis kegiatan yang dilakukan. Misalnya bersepeda akan lebih banyak membakar kalori dibandingkan berjalan santai.

Jika tidak digunakan sebagai bahan bakar, kalori yang lebih akan disimpan dalam tubuh sebagai lemak. Anda bisa dengan mudah membandingkan kadar kalori dalam beberapa produk yang berbeda-beda karena label yang tertera umumnya akan mencantumkan kadar kalori yang terkandung per 100 ml atau 100 gram. Yang patut diwaspadai adalah ketika pada label tersebut hanya tertulis “sekian kalori dalam satu porsi”. Tidak ada ukuran standar yang dapat dijadikan patokan dalam “satu kemasan” atau “satu porsi”.

Mengurangi Kelebihan Kalori

Kalori yang berlebihan berarti berat tubuh melebihi ukuran ideal. Perubahan pola makan dan berolahraga dapat menjadi solusi kondisi itu. 

Jika dalam sepekan anda mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung total 10.000 kalori, maka Anda juga perlu membakar 10.000 kalori. Dengan begini, maka tidak ada kelebihan kalori yang tersimpan sebagai lemak di dalam tubuh.

Mengidentifikasi daftar makanan yang akan Anda konsumsi dalam sehari dapat memudahkan Anda menentukan makanan mana yang dapat Anda hilangkan untuk memotong asupan kalori. Misalnya dengan memilih tidak lagi mengonsumsi camilan yang mengandung banyak gula di antara waktu makan pagi dan makan siang. Atau Anda dapat juga menggantikan camilan dengan buah-buahan segar yang lebih sehat dan mengandung kalori lebih rendah.

Dibawah ini adalah beberapa langkah yang bisa anda lakukan:

  1. Kurangi porsi makanan. Setengah piring nasi goreng mengandung lebih sedkit kalori daripada sepiring penuh.
  2. Menggunakan piring yang lebih kecil akan membuat Anda terdorong untuk makan dalam porsi lebih sedikit.
  3. Ganti makanan berkalori tinggi dengan yang berkalori rendah. Sebagai contoh, Anda dapat mengganti kari ayam atau ayam goreng dengan ayam rebus rempah atau ayam yang ditumis dengan sayu-sayuran.
  4. Hindari makanan berkalori tinggi dan bernutrisi rendah seperti gorengan yang mengandung banyak minyak.
  5. Pilihlah air putih atau teh tawar daripada minuman yang mengandung banyak gula atau minuman es bersantan.
  6. Anda dapat menggunakan aplikasi penghitung kalori yang dapat diunduh di telepon genggam seperti MyFitnessPall, Calorie and kJ Counter PRO, Calorie Counter by FatSecret.

Baca Juga | Tips Latihan Membentuk Otot Kaki

Itulah yang dapat kami sampaikan mengenai kalori kunci menjaga berat badan sehat. Nah bila sebelumnya anda tidak mengetahui apa-apa tentang apa itu kalori serta menjaga berat badan anda, maka dengan adanya artikel ini semoga bisa membantu anda dalam menambah pengetahuan serta wawasan mengenai apa itu kalori serta cara menjaga berat badan sehat,

Jika anda penasaran dan ingin memperbanyak pengetahuan tentang macam-macam kesehatan, jangan lupa untuk terus mengunjungi situs resmi kami dengan cara klik link berikut https://mychocolethandbag.wordpress.com/ untuk mengetahui artikel kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya. Terimakasih atas kunjungan dan perhatiannya. Salam Sehat!!!

Alamat Kantor Pusat Kami

Jl Noenoeng Tisna Saputra Kp Sindanggalih Gg Pos Giro Rt 01 Rw 12 Kec. Tawang Kota Tasikmalaya 46115

Kalori Kunci Menjaga Berat Badan Sehat

Tips Latihan Membentuk Otot Kaki

Kebanyakan orang yang baru memulai membentuk otot tubuh umumnya akan lebih fokus pada pembentukan otot tubuh bagian atas dan melupakan pembentukan otot tubuh bagian bawah yaitu otot kaki, padahal bagian otot ini sangat penting. Ketahui tips latihan membentuk otot kaki!


Selamat datang, kami dari pihak Alfian Herbal (Agen Resmi Pusat Penjual Obat Herbal Online di Tasikmalaya) pada kesempatan kali ini akan menyampaikan berbagi informasi menarik seputar tips latihan membentuk otot kaki.

Berikut ini Tips Latihan Membentuk Otot Kaki

Tips Latihan Membentuk Otot Kaki Agar tubuh terlihat ideal, maka otot kaki juga perlu dilatih. Sehingga tidak hanya bagian tubuh atas saja yang tempak atletis, namun juga bagian bawah seperti kaki dan paha. Jika kita tidak melatih otot kaki kita dan hanya melatih otot tubuh bagian atas maka bentuk tubuh akan terlihat aneh, bayangkan lengan yang besar, dada dan punggung yang bidang namun memiliki kaki kecil, aneh bukan? Bukan hanya soal penampilan saja, otot kaki yang lemah akan membuat kemampuan fisik kita buruk dan latihan pun tidak dapat maksimal. Ketika tubuh bagian atas kita mampu mengangkat beban berat namun otot kaki kita lemah maka akan berimbas pada goyah nya tubuh ketika mengangkat beban itu sehingga akhirnya bisa menimbulkan cidera.

Kaki merupakan bagian yang paling kuat dari tubuh kita sehingga untuk melatih nya pun butuh latihan yang lebih intense. Karena pada dasarnya kaki sudah merupakan bagian yang kuat maka cara memperkuat otot kaki biasanya dilakukan dengan menambahkan beban lebih banyak daripada ketika kita melatih tubuh bagian atas. Namun untuk melatih otot kaki kita tidak perlu bingung karena ada yang bisa dilakukan dirumah dan tanpa memerlukan alat. Kali ini Get Fit ID akan cara memperkuat otot kaki dirumah dengan gerakan-gerakan yang relatif sederhana.

Dibawah ini ada beberapa tips latihan membentuk otot kaki yang sangat mudah dan simple :

-Squat Rack Calf Raise

Ketika anda berada di tempat gym, mulailah berlatih menggunakan squat rack. Hal pertama yang anda lakukan yaitu taruhlah beban yang tidak terlalu berat sebagai permulaan dalam berlatih. Lalu gunakan jari-jari kaki dan rasakan otot betis anda ketika mendorong beban tersebut. Kemudian turunkan secara perlahan hingga lulut anda membentuk sudut hingga 70 derajat, ulangi hal ini hingga beberapa set.

-Squats

Latihan ini dilakukan secara rutin agar mendapatkan otot betis yang kuat, Untuk mendapatkan hasil yang cepat tambahkan beban di bahu agar mendapatkan tekanan yang cukup besar untuk otot betis anda sehingga perlu ekstra dalam menjaga keseimbangan tubuh dan ekstra tenaga bagi otot betis.

-Skipping

Skipping atau lompat tali bisa dilakukan kapan saja, lakukan setiap hari minimal 20 menit untuk mendapatkan otot betis yang kuat, skipping juga di yakini dapat menurunkan berat badan dengan cepat.

-Sprint

Sprint atau Berlari Cepat sangat berguna dalam membentuk otot kaki terutama otot betis, dengan sprint tubuh bekerja dalam mendorong dan memberikan tekanan pada kaki hingga ke bagian lengan, sprint sangat cepat dalam membentuk otot kaki.

-Leg Press Machine

Leg press machine bermanfaat untuk mengembangkan otot bagian paha dan otot kaki bagian lainnya, berbagai variasi dapat di lakukan dalam latihan ini untuk mendapatkan hasil pada otot kaki yang lainnya. Ambil posisi duduk di kursi dan mulailah dengan beban ringan terlebih dahulu dan tambahkan beban sedikit demi sedikit hingga batas kekuatan otot betis anda. Dorong secara perlahan dan rasakan gerakan tersebut, lalu ulangi hingga beberapa kali.

Baca Juga | Tips Sederhana untuk Mengatasi Stress Karena Pekerjaan

Apabila anda penasaran dan ingin memperbanyak pengetahuan tentang macam-macam kesehatan, jangan lupa untuk terus mengunjungi situs resmi kami dengan cara klik link berikut https://mychocolethandbag.wordpress.com/ untuk mengetahui artikel kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya. Terimakasih atas kunjungan dan perhatiannya. Salam Sehat!!!

Alamat Kantor Pusat Kami

Jl Noenoeng Tisna Saputra Kp Sindanggalih Gg Pos Giro Rt 01 Rw 12 Kec. Tawang Kota Tasikmalaya 46115

Tips Latihan Membentuk Otot Kaki

Tips Sederhana untuk Mengatasi Stress Karena Pekerjaan

Stress pasti setiap orang pernah mengalaminya, apalagi yang sering disibukkan oleh banyaknya pekerjaan atau masalah kehidupan yang belum ada jalan keluarnya. Stress merupakan salah satu penyakit yang sudah banyak menelan korban jiwa. Namun dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting seputar tips sederhana untuk mengatasi stress karena pekerjaan, simak ulasannya sampai tuntas!

Tips sederhana untuk mengatasi stress karena pekerjaan -, Selamat datang, kami dari pihak Alfian Herbal (Agen Resmi Pusat Penjual Obat Herbal Online di Tasikmalaya) pada kesempatan kali ini akan menyampaikan berbagi informasi menarik seputar tips sederhana untuk mengatasi strss karena pekerjaan.

Ketahui Penyebab Stress Karena Pekerjaan

Tips Sederhana untuk Mengatasi Stress Karena PekerjaanPenyebab stress karena pekerjaan bisa dipicu oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah oleh karena beban kerja yang berlebihan dan juga lingkungan suasana tempat kerja yang kurang kondusif. Dan juga karena faktor kurang dukungan dari atasan tempat pegawai atau pekerja itu sendiri.

Akibat pengaruh dampak stres dan depresi terhadap kesehatan kita sedikit demi sedikit tentunya akan mempengaruhi derajat dan tingkat Kesehatan baik itu kesehatan fisik maupun kesehatan psikologis mental seseorang dalam bekerja.

Berikut ini Tips Sederhana untuk Mengatasi Stress Karena Pekerjaan

Dibawah ini ada beberapa cara dalam mengatasi stres dan depresi di tempat bekerja antara lain adalah sebagai berikut :

Olahraga Secara Rutin

Melakukan aktifitas olahraga secara teratur adalah merupakan salah satu kiat dalam atasi stres karena pekerjaan. Manfaat olahraga bagi kesehatan fisik dan psikologis emosional seseorang memang tidak diragukan lagi.

Dengan berolahraga walau ringan akan tetapi dilakukan secara rutin akan meningkatkan daya tahan tubuh dalam mengatasi berbagai macam hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami stress maupun depresi.

Hal ini didukung dengan adanya penelitian tyang telah menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan kesehatan seseorang baik secara mental dan fisik.

Selain itu, olahraga menyebabkan perubahan kimiawi pada otak yang dapat meningkatkan mood seseorang termasuk mood dalam bekerja.

Bekerja Sama Dan Toleransi Dengan Rekan Kerja

Miliki sikap toleransi kepada sesama rekan kerja. Ingatlah bahwa kita masing-masing sebagai orang dan individu adalah merupakan pribadi yang unik.

Contoh mudahnya adalah bila beberapa orang justru berprestasi lebih baik di bawah tekanan sementara sebagian yang lain membutuhkan waktu lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaannya. Pahami dulu bagaimana cara kita bekerja, apakah harus dibawah tekanan atau pun dalam keadaan relax kita bisa bekerja dengan baik.

Lingkungan Kerja Yang Nyaman

Faktor lingkungan kerja yang nyaman bersih dan rapi adalah merupakan bagian dari solusi kiat menghadapi stress di tempat kerja kita.

Bila stres emosi sedang melanda, ditambah dengan suasana lingkungan kantor tempat kerja kita yang tidak tertata dengan baik dan rapi tentunya akan justru memperburuk stres yang kita alami. Demikian pula dengan sebaliknya.

Cukup Istirahat Tidur

Tidur adalah waktu ketika seseorang mengisi ulang otak dan tubuh. Karenanya, kualitas dan jumlah tidur yang didapatkan akan mempengaruhi suasana hati, tingkat energi, konsentrasi dan fungsi tubuh secara keseluruhan.

Untuk itu penting juga kita memperhatikan akan kualitas kuantitas tidur yang baik untuk kesehatan. Karena dengan istirahat yang cukup akan sangat mendukung kita bekerja dengan baik dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kita sehari-hari.

Curhat Dengan Teman Kantor

Berbicara tentang masalah-masalah pekerjaan di kantor dengan teman atau pun sahabat yang dipercaya akan membantu mengurangi rasa tingkat stress karena pekerjaan yang kita lakukan.

Ketika sedang stres maka naluri untuk menyendiri biasanya akan muncul. Padahal dalam hal menghadapi stres karena kerja hal terbaik yang bisa kita lakukan alam rangak mengatasi tekanan adalah dengan tidak memendamnya.

Maka bercerita mengenai masalah kita kepada orang yang dipercaya, dengan begitu beban pun akan sedikit terlepas dan kita akan bisa dibantu dengan solusi pemecahannya sekaligus dari rekan kerja kita tersebut.

(Bersumber dari duniakaryawan)

Itulah yang dapat kami sampaikan mengenai tips mudah mengatasi stress akibat pekerjaan. Untuk itu bagi anda yang sering kewalahan atau bahkan sampai stress dalam pekerjaan ada baiknya anda mencoba salah satu tips diatas tadi yang telah kami informasikan.

Terimakasih atas kunjungan dan perhatiannya.. Apabila anda penasaran dan ingin memperbanyak pengetahuan tentang macam-macam kesehatan, jangan lupa untuk terus mengunjungi situs resmi kami dengan cara klik link berikut https://mychocolethandbag.wordpress.com/ untuk mengetahui artikel kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya. Terimakasih atas kunjungan dan perhatiannya. Salam Sehat!!!

Alamat Kantor Pusat Kami

Jl Noenoeng Tisna Saputra Kp Sindanggalih Gg Pos Giro Rt 01 Rw 12 Kec. Tawang Kota Tasikmalaya 46115

Tips Sederhana untuk Mengatasi Stress Karena Pekerjaan