Kalori Kunci Menjaga Berat Badan Sehat

Berat badan akan semakin bertambah apabila anda mengkonsumsi kalori yang lebih banyak dibandingkan dengan kalori yang dibakar oleh tubuh. Kalori adalah takaran energi pada makanan. Kunci berat badan sehat adalah mengetahui seberapa banyak kandungan kalori pada makanan yang kita konsumsi. Sehingga bisa disesuaikan dengan jumlah energi yang dibakar oleh badan kita.


Kalori kunci menjaga berat badan sehat -, Selamat datang, kami dari pihak Alfian Herbal (Agen Resmi Pusat Penjual Obat Herbal Online di Tasikmalaya) pada kesempatan kali ini akan menyampaikan berbagai informasi menarik seputar “kalori kunci menjaga berat badan sehat”. Artikel kesehatan ini sangat dibutuhkan oleh setiap orang yang ingin menjaga berat badannya khususnya wanita. Untuk itu, simak sampai tuntas ulasan berikut!

kalori kunci menjaga berat badan sehatMenghitung Kalori

Dikutip dari alodokter -, Karbohidrat, protein, dan lemak adalah jenis nutrisi mengandung kalori yang berperan sebagai bahan bakar tubuh. Tiap gram lemak rata-rata mengandung 9 kalori, sementara karbohidrat dan protein rata-rata mengandung 5  kalori. Sementara kalori dalam makanan kemasan biasanya dapat dilihat dari label nutrisi di bagian belakang. Data ini berguna untuk memastikan bahwa Anda tidak mengonsumsi kalori berlebihan. Satuan yang digunakan umumnya adalah kcal atau kJ yang merupakan singkatan dari kilojoules. 

Bahan Bakar Tubuh

Tubuh membutuhkan energi dari kalori dalam makanan untuk dapat beraktivitas. Umumnya rata-rata wanita membutuhkan sekitar 2.000 kilo calori (kcal) per hari, sementara rata-rata pria memerlukan 2.500 kcal. Namun jumlah kalori yang dibutuhkan tiap orang berbeda-beda tergantung kepada tinggi, berat tubuh dan tingkat keaktivan mereka. 

Banyak faktor yang dapat memengaruhi jumlah kalori yang dibakar tubuh saat beraktivitas fisik. Di antaranya adalah usia dan jenis kegiatan yang dilakukan. Misalnya bersepeda akan lebih banyak membakar kalori dibandingkan berjalan santai.

Jika tidak digunakan sebagai bahan bakar, kalori yang lebih akan disimpan dalam tubuh sebagai lemak. Anda bisa dengan mudah membandingkan kadar kalori dalam beberapa produk yang berbeda-beda karena label yang tertera umumnya akan mencantumkan kadar kalori yang terkandung per 100 ml atau 100 gram. Yang patut diwaspadai adalah ketika pada label tersebut hanya tertulis “sekian kalori dalam satu porsi”. Tidak ada ukuran standar yang dapat dijadikan patokan dalam “satu kemasan” atau “satu porsi”.

Mengurangi Kelebihan Kalori

Kalori yang berlebihan berarti berat tubuh melebihi ukuran ideal. Perubahan pola makan dan berolahraga dapat menjadi solusi kondisi itu. 

Jika dalam sepekan anda mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung total 10.000 kalori, maka Anda juga perlu membakar 10.000 kalori. Dengan begini, maka tidak ada kelebihan kalori yang tersimpan sebagai lemak di dalam tubuh.

Mengidentifikasi daftar makanan yang akan Anda konsumsi dalam sehari dapat memudahkan Anda menentukan makanan mana yang dapat Anda hilangkan untuk memotong asupan kalori. Misalnya dengan memilih tidak lagi mengonsumsi camilan yang mengandung banyak gula di antara waktu makan pagi dan makan siang. Atau Anda dapat juga menggantikan camilan dengan buah-buahan segar yang lebih sehat dan mengandung kalori lebih rendah.

Dibawah ini adalah beberapa langkah yang bisa anda lakukan:

  1. Kurangi porsi makanan. Setengah piring nasi goreng mengandung lebih sedkit kalori daripada sepiring penuh.
  2. Menggunakan piring yang lebih kecil akan membuat Anda terdorong untuk makan dalam porsi lebih sedikit.
  3. Ganti makanan berkalori tinggi dengan yang berkalori rendah. Sebagai contoh, Anda dapat mengganti kari ayam atau ayam goreng dengan ayam rebus rempah atau ayam yang ditumis dengan sayu-sayuran.
  4. Hindari makanan berkalori tinggi dan bernutrisi rendah seperti gorengan yang mengandung banyak minyak.
  5. Pilihlah air putih atau teh tawar daripada minuman yang mengandung banyak gula atau minuman es bersantan.
  6. Anda dapat menggunakan aplikasi penghitung kalori yang dapat diunduh di telepon genggam seperti MyFitnessPall, Calorie and kJ Counter PRO, Calorie Counter by FatSecret.

Baca Juga | Tips Latihan Membentuk Otot Kaki

Itulah yang dapat kami sampaikan mengenai kalori kunci menjaga berat badan sehat. Nah bila sebelumnya anda tidak mengetahui apa-apa tentang apa itu kalori serta menjaga berat badan anda, maka dengan adanya artikel ini semoga bisa membantu anda dalam menambah pengetahuan serta wawasan mengenai apa itu kalori serta cara menjaga berat badan sehat,

Jika anda penasaran dan ingin memperbanyak pengetahuan tentang macam-macam kesehatan, jangan lupa untuk terus mengunjungi situs resmi kami dengan cara klik link berikut https://mychocolethandbag.wordpress.com/ untuk mengetahui artikel kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya. Terimakasih atas kunjungan dan perhatiannya. Salam Sehat!!!

Alamat Kantor Pusat Kami

Jl Noenoeng Tisna Saputra Kp Sindanggalih Gg Pos Giro Rt 01 Rw 12 Kec. Tawang Kota Tasikmalaya 46115

Kalori Kunci Menjaga Berat Badan Sehat

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s